CARA MENGHITUNG
NILAI RATA-RATA DI Excel
Memang
mudahnya berhitung dengan menggunakan excel. Semua dapat diketahui dengan cara
yang mudah dan akurat. Mulai dari penjumlahan secara otomatis sampai penghitungan yang
rumit sekalipun.
Dan
kini sebagai bahan belajar melakukan penghitungan, akan diuraikan cara untuk
mencari nilai rata-rata dari beberapa nilai angka tertentu. Seperti halnya
sebuah rapor anak sekolah, biasanya juga disebutkan nilai rata-rata. Sebagai
contoh sederhana dari angka 1, 2, dan 3 maka nilai rata-ratanya adalah angka 2.
Angka 2 ini didapat dari jumlah angka-angka tersebut dibagi dengan banyaknya
angka. Sehingga 1+2+3 dibagi dengan 3 (terdapat tida angka) sama dengan 6 : 3 =
2.
Contoh
sederhana tersebut mungkin terlalu mudah untuk dikerjakan, karena jumlah yang
kecil dan sedikit. Namun bagaimana jika jumlah angka-angkanya banyak dan dengan
nominal yang besar ? … Tentu akan lebih membutuhkan banyak pikiran dan waktu
untuk menghitungnya jika dihitung secara manual menggunakan pemikiran otak yang
kepandaiannya pas-pasan seperti saya …. Namun akan berbeda halnya jika
penghitungan tersebut dilakukan dengan menggunakan program Ms Excel. Hanya
dengan beberapa langkah kecil saja maka hasilnya akan langsung diperoleh dan
akurat.
1. Untuk
mencari rata-rata dari nilai tertentu silahkan diikuti langkah-langkah berikut
ini :
2. Klik
pada sel tempat nilai rata-rata akan ditampilkan misalnya pada sel C10.
4. Maka
nilai rata-rata secara otomatis akan muncul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar